Cat Kamar Tidur Anak yang Aman dan Ramah Lingkungan

cat kamar tidur anak, cat aman untuk anak, cat ramah lingkungan

Cat kamar tidur anak menjadi bagian penting dari pertumbuhan anak. Cat aman dan ramah lingkungan sangat dibutuhkan untuk membantu menjaga kesehatan anak demi masa tumbuh dan kembangnya. Kamar tidur anak biasanya menjadi sahabat anak terdekat menghabiskan banyak waktu bermain, belajar, dan bersantai di dalam kamar pribadinya.

Di dalam kamar pun banyak terdapat furniture, mebel, mainan, dan barang-barang kesayangan sang anak. Menciptakan suasana yang nyaman, indah, dan menyenangkan sudah menjadi keharusan untuk dipikirkan orang tua. Yang perlu dicatat adalah keamanan di dalam kamar anak harus diperhatikan terutama dalam pemilihan cat pewarna ruangan dan furniture anak seperti meja belajar, lemari, kursi belajar, tempat tidur, dsb. Pemilihan cat dinding kamar anak, cat langit-langit kamar anak, dan cat furnitur yang aman sangatlah penting.

Cat berbasis air (water base paint) adalah cat untuk kamar anak pilihan terbaik karena lebih aman jika dibanding menggunakan cat bertiner. Cat berbasis air tidak memiliki kandungan zat kimia berbahaya seperti VOC yang terkandung pada tiner atau zat kimia berbahaya lainnya. VOC berlebihan pada cat akan mengganggu sistem pernapasan dan kesehatan. European Public Health Alliance (EPHA) melarang penggunaan VOC (zat kimia mudah menguap).

Bagaimana cat tiner berbahaya untuk kesehatan?

Cat tiner memiliki VOC (Volatile Organic Compound) atau bahan kimia mudah menguap. Meskipun pada udara terbuka, uapan bahan kimia tersebut ada yang menempel pada selimut, pada bantal, dan juga seisi ruangan yang akibatnya secara sadar atau tidak, zat tersebut bisa terhirup oleh anak-anak. Di dalam paru-paru, zat kimia beracun tersebut mengendap (jika kadarnya dalam jumlah besar), akibatnya sesak napas, batuk, dan penyakit lainnya menyerang seperti alergi VOC (menyebabkan gatal dan ruam pada kulit), konsentrasi anak terganggu, dan masih banyak lagi. Tidak hanya VOC yang mengganggu.

Cat dengan zat kimia beracun lebih mudah dihinggapi jamur, algae, dan mudah mengelupas. Serpihan karena kelupasan cat yang biasa terjadi juga sangat membahayakan kesehatan. Debu yang tercipta membuat polusi udara, lagi-lagi pernapasan anak Anda menjadi korban.

Jika dibandingkan dengan cat bertiner dengan cat air, cat air memiliki kualitas jauh lebih baik dibanding cat bertiner.

– Dari segi keamanan, cat air lebih aman dan menyehatkan.
– Dari segi estetika, cat air memiliki kualitas perwarnaan lebih tajam dan cerah serta mudah diatur tingkat kecerahannya tanpa diversifikasi kecerahan produk terlalu banyak.
– Dari segi efisiensi dan efektifitas, cat air lebih mudah diolah hanya dengan campuran air. Biaya yang dikeluarkan juga lebih murah karena cat air tidak membutuhkan tambahan biaya untuk membeli campuran. Anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya membeli varian cat misalnya Anda ingin warna merah, merah muda, dan merah cerah. Cukup satu produk cat air bisa menjadi beberapa bentuk kecerahan warna. Anda bisa membuktikannya.

Bio Industries mampu memenuhi kebutuhan Anda terhadap water base paint (cat air). Seluruh produk yang dikembangkan merupakan produk-produk yang berbasis air (water based). Sebagai perusahaan yang peduli terhadap lingkungan, Bio Industries sangat memperhatikan jenis bahan kimia yang digunakan dalam produk paint and coating. Seluruh bahan dasar yang digunakan merupakan bahan-bahan yang aman dan ramah lingkungan. Hal ini dapat dibuktikan melalui sertifikat yang telah didapatkan setelah melalui beberapa tahap pengujian. Bio Industries telah mengantongi 4 sertifikat, yaitu sertifikat zero VOC, REACH, SNI, dan non-toxic.

Artikel ini mendapat rating 5 bintang dari total 336 orang responden
%d bloggers like this: