Mengecat Pagar Besi dengan Orchid Water Base Enamel Paint

pagar besi

Pagar Besi, pintu gerbang, jembatan, dan benda-benda logam lain yang umumnya berada diluar rumah lebih berisiko mudah teroksidasi dan karatan, untuk itu perlu di-cat agar tidak mudah karatan dan tampilannya tampak lebih indah dengan warna-warni sesuai selera kita. Mengecat pagar biasanya besi yang umum digunakan adalah jenis Cat Minyak Alkid Enamel paint atau cat besi yang menggunakan minyak cat Afthuner / terpentin sebagai pengencernya. Cat besi ini tergolong bau dan berbahaya bagi kesehatan serta tidak ramah lingkungan. Sebagai solusi, Bio Industries memperkenalkan teknologi cat besi berbahan dasar air (water based Enamel paint) yang lebih hemat, anti karat, tahan cuaca, aman, dan ramah lingkungan.

Nah, tapi bagaimana dengan kecepatan keringnya ?

Jika cat minyak, cat besi alkid enamel paint oil based membutuhkan waktu kering kering sentuh rata-rata 3 jam sampai dengan 4 jam agar dapat disentuh, Cat Besi berbasis air Orchid – water based enamel paint hanya membutuhkan waktu 20 menit hingga 30 menit kering sentuh. Sebab Cat Besi Orchid water based Enamel paint berbahan dasar water based Acrylic polymer yang memiliki di ukuran partikel yang lebih kecil dibandingkan dengan cat Alkid, sehingga memiliki luas penampang yang lebih luas untuk mempercepat penguapan air yang digunakan sebagai bahan pelarut. Selain itu Cat Orchid mempunya formula khusus yang berperan mempercepat proses pengeringan.

Apakah Car air bisa tahan air dan tidak luntur oleh hujan ?

Cat Besi Orchid, diformulasikan dengan bahan dasar Acrylic polymer yang memiliki karakter lapisan film kering dengan daya tahan air yang sangat baik. hasil uji laboratorium serta pengalaman aktual menunjukan, Cat Besi Orchid water based enamel paint dapat bertahan hingga lebih dari 3 tahun pada eksterior dalam kondisi ter-expose oleh berbagai paparan.

Apakah Cat Besi berbasis air (water based) tidak bikin besi semakin karatan ?

Material media logam pada pagar besi dan berbagai produk yang terbuat dari besi lainnya memiliki daya pemuaian yang cukup tinggi saat ter-expose panas matahari dan kembali menyusut saat suhu kembali dingin dimalam hari atau hujan. Pergerakan kembang susut media besi ini tidak dapat diikuti oleh lapisan Cat Minyak Alkid yang keras dan “getas” sehingga menimbulkan retak rambut pada permukaan lapisan cat. Bagian retak rabut inilah yang menjadi jalan udara dan air hujan untuk memulai proses oksidasi dan menimbulkan karat.

Sedangkan lapisan cat Orchidwater based Enamel paint, memiliki kelenturan atau flexibilitas lapisan film cat yang relatif lebih tinggi. Hasil test menunjukan bahwa Cat Orchidwater based enamel paint lebih tahan karat dibandingkan dengan cat minyak Alkid.

Cara aplikasi cat Orchid water based enamel paint pada pagar besi esterior:

Cara aplikasinya untuk pagar besi, pada dasarnya sama dengan cat besi konvensional pada umumnya yaitu dengan cara di-kuas, hanya saja bahan pelarut yang digunakan dapat menggunakan air bersih yang dapat diambil dari kran. hal ini tentu saja dapat menekan biaya jauh lebih murah.

1. Persiapan Bahanbesi berkarat

  • bersihkan permukaan media pagar besi dari kotoran dan pastikan bekas minyak
  • jika media besi telah dilapisi cat lama sebaiknya diamplas ambang untuk mempuka pori-pori lapisan cat sebelumnya sekaligus untuk membersihkan kotoran yang menempel (cat lama tidak perlu diamplas habis)
  • jika besi telah berkarat, sebaiknya di kerok dan diamplas

2. Komposisi Pengenceran

  • pilih warna cat sesuai yang diinginkan
  • tersedia pilihan warna Orchid solid opaque colors dan varian warna orchid metalik colors
  • tambahkan air bersih kedalam cat (komposisi air 20-30% dari total larutan) dan aduk pelan-pelan sampai rata.

3. Lapisan Dasar

  • aplikasikan larutan cat orchid pada permukaan media dengandikuas atau disemprot
  • biarkan warna karat besi muncul dan berhenti atau mati pada lapisan cat pertama
  • tunggu sampai kering sentuh 20-30 menit atau sampai proses tumbuhnya karat besi benar-benar berhenti.

4. finishing

  • amplas ambang lapisan cat pertama untuk membuka pori-pori lapisan cat pertama
  • tutup dengan lapisan cat kedua biarkan mengering dan ulangi lagi sampai mendapatkan ketebalan lapisan cat dan tampilan pagar besi dan berbagai produk besi lainnya yang diinginkan

Selamat mencoba!

Artikel ini mendapat rating 3 bintang dari total 559 orang responden
%d bloggers like this: